Pengalaman Buka Usaha

Berawal dari beberapa waktu yang lalu (kira-kira pertengahan 2008) ketika mengikuti sebuah program dari LPPM Kwu UNS yang mengajak para mahasiswa untuk terjun di dunia wirausaha. Kami ditempatkan di beberapa UKM di wilayah Solo. Tempat-tempat tersebut antara lain pertanian jamur di Karanganyar, tanaman hias di Solo, ternak sapi di Boyolali, dan ternak ayam yg saya lupa tempatnya.

Banyak mahasiswa yang mendaftar di kegiatan tersebut, tapi hanya beberapa orang saja yang bisa terjaring. Prosesnya kayak orang ngelamar kerjaan. Ada beberapa tes wawancara. Akhirnya bisa lolos juga. Dari empat pilihan tempat tersebut saya tertarik dengan budidaya jamur. Sebenernya semua usaha yang jadi pilihan sangat prospektif semua. Saya tidak memilih ternak sapi dan ayam karena alasan rumah saya di tengah kota, masak mau ternak sapi di situ, bisa dimarahin warga. Kemudian alasan tidak memilih tanaman hias karena dirumah sudah banyak tanaman hias. Tinggal pilihan jamur nih. Kebetulan masih blank juga tentang budidaya jamur. Siapa tau bisa dikembangkan di tengah kota.

Sebulan magang di tempat itu banyak sekali pengetahuan yang saya dapat. Dari proses budidaya, perawatan, pemasaran, dan juga produk olahannya.

Setelah dapat beberapa info, saya beranikan diri untuk mencoba sendiri di rumah. Meskipun di rumah tempatnya sangan jauh dari standar untuk budidaya jamur, saya tetep nekat aja. Biasanya para petani jamur menggunakan rumah yang dari anyaman bambu untuk tempat budidaya. Di rumah terpaksa mengorbankan kamarku yang sempit untuk menanam jamur. Setelah hampir satu tahun akhirnya rontok juga usaha ini. Mungkin masih banyak kekurangan manajemen diri. Akhirnya usaha ini bubar. Sayang sekali, padahal udah dapet tempat di pasar.

Untuk sementara vakum dulu di dunia bisnis untuk kembali ke jalan akademis yang sempat terganggu. Memang agak berat sih buat saya untuk mengurus bisnis ditengah-tengah masa studi. Apalagi dikampus juga ikut kegiatan mahasiswa. Ya itulah kekurangan saya di manajemen diri yang perlu dikoreksi dan dibenahi.

Published in: on 19 April 2010 at 22:15  Tinggalkan sebuah Komentar  
Tags: , ,

The URI to TrackBack this entry is: https://otakusaha.wordpress.com/2010/04/19/pengalaman-buka-usaha/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: