Pentingnya Pengembangan Kewirausahaan dan Pendidikan Kewirausahaan bagi Bangsa Indonesia

Melihat pengertian dan teori kewirausahaan dikaitkan dengan keadaan dan masalah yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini dan saat-saat mendatang dalam rangka mensukseskan tujuan nasional mencerdaskan dan mensejahterakan kehidupan yang saat ini jumlahnya melebihi 200 juta penduduk dengan lokasi yang tersebar lebih dari seribu pulau ini, pastilah merupakan tantangan yang tidak kecil dan harus dihadapi secara tepat dan sistematis.

Bagaimana pentingnya pengembangan kewirausahaan dan pendidikan kewirausahaan bagi bangsaIndonesia kiranya dapat dijelaskan sebagai berikut:

  1. Indonesia di awal abad 21 dilihat dari segi jumlah penduduk telah menjadi negara terbesar kelima di dunia, dengan sebagian besar penduduknya adalah angkatan kerja, dan sebagian dari jumlah itu adalah tenaga muda alumni Perguruan Tinggi. Jumlah penduduk yang besar tersebut bisa saja merupakan potensi apabila berkualitas baik, tetapi apabila tidak jumlah penduduk yang besar itu akan menambah bertanya beban pembangunan.
  2. Menurut penelitian, tampaknya ada korelasi antara jumlah penduduk yang berkewirausahaan dan tingkat kemakmuran suatu masyarakat. Negara yang maju memiliki wirausahawan lebih dari 6% jumlah penduduk, sedang jumlah wirausahawan Indonesia menurut penelitian tahun 1982 belum mencapai 0,5%.
  3. Telah terbukti tingkat kemajuan dan keterbelakangan suatu negara tidak terletak pada jumlah penduduk, kekayaan alam, luas wilayah, warna kulit atau suku bangsa, ataulamanya kemerdekaan yang telah dialami, tetapi adalah terletak pada kualitas manusianya.

The URI to TrackBack this entry is: https://otakusaha.wordpress.com/2009/01/22/pentingnya-pengembangan-kewirausahaan-dan-pendidikan-kewirausahaan-bagi-bangsa-indonesia/trackback/

RSS feed for comments on this post.

One CommentTinggalkan komentar

  1. tenkyu,,=)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: